Saturday, June 21, 2014

Sejarah Pendirian Sekolah

MA AL ITTIHAD berdiripadatahun 2000 yang didirikanoleh KH. AL BAZI NAWAWI. Awal berdirinya MA AL ITTIHAD disebabkan oleh tidak adanya sekolahl anjutan tingkat atas di wilayah Kecamatan Trowulan pada waktu itu, sedangkan minat masyarakat untuk sekolah di tingkat lanjutan atas cukup tinggi, maka muncullah inisiatif dari para tokoh masyarakat yang dipelopori oleh KH. Albazi Nawawi untuk mendirikan sekolah lanjutan tingkat atas.Inisiatif ini disambut baik oleh tokoh masyarakat yang lain termasuk Ketua MWC NU Trowulan yakni :Bapak A. Hanafi S.Ag. Kemudian oleh KH.Albazi Nawawi tokoh – tokoh tersebut diundang untuk musyawarah dengan agenda pokok mendirikan sekolah tingkat atas. Dari hasil musyawarah tersebut disepakati untuk mendirikan sekolah lanjutan atas yang bercirikhas Agama Islam dengan nama : “MADRASAH ALIYAH AL ITTIHAD”. Yang ditunjuk sebagai Kepala Madrasah pada waktu itu adalah Bapak A. Hanafi, S.Ag. kemudian oleh Bapak Johan Syafiuddin,ST, berikutnya BapakSuwarno,S.Ag.M.PdI. sekarang Bapak Moh. Zudur Robithoh,S.Pd., kegiatan belajar mengajar MA AL ITTIHAD ditempatkan di Gedung milik  MA AL ITTIHAD.
Dengan berdirinya MA AL ITTIHAD maka dibentuklah Yayasan yang menaungi lembaga-lembaga pendidikan AL ITTIHAD, antara lain :
1.           PondokPesantren AL ITTIHAD
2.           TPQ AL ITTIHAD
3.           MADRASAH DINIYYAH AL ITTIHAD
4.           RA AL ITTIHAD
5.           MI AL ITTIHAD, dan
6.           MA AL ITTIHAD
Yayasan tersebut didirikan pada tahun yang sama yaitu :tahun 2000 yang diberinama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL AL ITTIHAD ( YPIS AL ITTIHAD ).

MA AL ITTIHAD dibawahnaungan YPIS AL ITTIHAD berjalan dengan baik dan siswanya semakin lama semakin banyak.

No comments:

Post a Comment